Jambu biji termasuk dalam buah musiman yang memang agak sulit ditemui di sepanjang tahun. Padahal sebenarnya selain nikmat, maka buah yang satu ini juga kaya akan beragam manfaat bagi kesehatan. Dengan aroma dan rasanya yang khas maka jambu biji juga kerap kali dijadikan sebagai produk bahan pangan kemasan lainnya, tidak sekedar dikonsumsi secara langsung saja. Namun belakangan juga muncul beragam varietas baru, termasuk diantaranya adalah jambu kristal.

Mengenal Jambu Kristal

Mungkin banyak yang masih asing dengan jenis jambu yang satu ini. pada dasarnya ia merupakan hasil perubahan genetik dari jambu Muangthai Pak yang banyak dibudidayakan di negara Thaiwan. Disebut sebagai jambu kristal , karena memang pada dasarnya ia memiliki daging yang putih bersih, bahan dengan sedikit kandungan biji didalamnya. Bahkan banyak yang tidak memiliki biji, sehingga nantinya lebih nikmat dikonsumsi.

Keuntungan Budidaya Jambu Kristal

Dibandingkan dengan jambu biji biasa, maka dengan budidaya jambu yang satu ini ada jauh lebih banyak keuntungan yang nantinya bisa Anda dapatkan, diantaranya adalah:

  1. Peminatnya tinggi, faktanya sendiri memang dibandingkan dengan jenis jambu yang lainnya, maka jambu kristal ini punya peminat lebih banyak karena memang dari segi rasanya juga terbilang lebih nikmat dan alasan lain jambu ini sedikit mengandung biji, sehingga lebih mudah dikonsumsi.
  2. Harga jualnya relatif mahal, karena termasuk sebagai produk unggulan maka tidak heran jika seandainya jambu yang satu ini juga memiliki harga jual lebih tinggi atau mahal dibandingkan jambu yang lainnya.
  3. Bisa berbuah sepanjang tahun, asalkan mendapatkan air yang cukup dan perawatan tepat, maka tanaman yang satu ini bisa berbuah sepanjang tahun.

Tips Budidaya Jambu Kristal

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimanakah tips budidayanya dengan tepat agar kelak juga bisa produktif, diantaranya adalah:

  1. Pilihlah lahan yang tepat untuk pembudidayaan, diantaranya adalah memiliki suhu antara 15 hingga 34 derajat Celcius dengan intensitas atau curah hujan yang relatif tinggi.
  2. Pilih bibit yang berkualitas, pemilihan bibitannya juga tak kalah penting jika seandainya Anda ingin hasil yang bagus juga. Jadi harus mencari bibit terbaik yang tahan terhadap penyakit juga dalam kondisi yang tidak kerdil, sehingga dapat tumbuh secara maksimal.
  3. Penanaman, untuk penanaman ini sebaiknya diberikan jarak yang tepat antara satu dengan yang lainnya yaitu 3 hingga 4 meter dan kondisi lahan harus cukup air.
  4. Perawatan, tumbuhan yang satu ini nyatanya juga harus mendapatkan perawatan secara tepat, diantaranya adalah dengan pemupukan, kemudian juga harus mendapatkan penyiraman air secara cukup agar bisa tumbuh sempurna. Sebaiknya juga dilakukan pemangkasan pada sub cabang jika ini ia tumbuh bagus.

Hasil dari panen buah jambu kristal ini sekarang juga bisa dengan mudah dipasarkan secara online, yaitu lewat TaniHub, merupakan ecommerce berbasis aplikasi yang cukup populer di Indonesia. Dimana mereka memang menjual beragam jenis produk hasil pertanian seperti diantaranya adalah sayur, buah, daging, telur sampai dengan aneka bumbu dapur hingga sembako juga tersedia disini lengkap. Jadi tidak perlu khawatir untuk memenuhi semua kebutuhan dapur Anda karena memang lewat TaniHub ini tersedia secara lengkap dan harganya juga terjangkau, apalagi memang ada cukup banyak diantara tawaran diskon-diskon istimewa bagi Anda. Langsung saja download dan gunakan aplikasinya, apapun kebutuhan dapur yang Anda cari ada disana.

 

Tips Budidaya Jambu Kristal yang Sangat Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *