Smartphone saat ini menjadi sebuah perangkat yang keberadaannya tidak boleh jauh-jauh dari pemiliknya. Karena semua kegiatan kita sekarang ini berbasis dengan perangkat yang pas sekali berada digenggaman tangan kita. Penggunaanya yang bisa saja dalam kurun waktu 24 jam sehari membuat baterai android cepat sekali habis, termasuk pada Vivo S20 SE yang sudah memasuki pasar android di Indonesia.

Baterai menjadi komponen penting pada sebuah perangkat smartphone. Tetapi kebanyakan orang yang menggunakan smartphone mengalami kerusakan pertama pada ponselnya tepat pada komponen baterainya yang terlalu cepat habis.

Nah tahukah kamu bagaimana sih merawat baterai smartphone milik Vivo S20 SE agar bisa tahan lama dan bisa awet kamu gunakan untuk apa saja. Baik itu untuk bermain games hingga bermain di sosial media secara terus-menerus. Kamu bisa menerapkan tips berikut ini untuk membuat Vivo S20 SE agar bisa tahan lama.

Ciri-ciri Baterai Vivo S20 SE Rusak

Sebelum kita membahas terkait bagaimana cara membuat baterai yang ada pada Vivo S20 SE awet atau tahan lama kita bahas terlebih dahulu bagaimana sih kategori baterai yang dianggap rusak, simak yuk.

  • Baterai meskipun sudah di charging penuh tetapi ketika dinyalakan dayanya cepat habis.
  • Secara fisik baterai yang tidak permanen akan lebih kembung dan tidak datar.
  • Ketika sudah rusak parah smartphone akan ada dalam kondisi mati seluruhnya meskipun sudah berusaha di charging.

Tips Ketika Kamu Ingin Baterai Vivo S20 SE Lebih Tahan Lama

Untuk mendapatkan baterai smartphone sekelas Vivo S20 SE yang lebih tahan lama kamu perlu mengusahakannya dengan beberapa cara. Cara ini bisa kamu lakukan semenjak smartphone kamu beli, ini juga merupakan langkah tepat perawatan yang perlu kamu berikan ke smartphone seperti Vivo S20 SE.

1. Selalu menggunakan kabel USB atau port kabel yang cocok dan sejenis

Penggunaan kabel USB yang cocok atau sejenis perlu kamu pastikan, jangan sampai kamu menghiraukannya hanya karena kabel tersebut bisa mengalirkan daya ke smartphone yang kamu charging. Selalu gunakan kabel USB yang bermerk sama dengan Vivo S20 SE. Karena ketika kamu menggunakan merk yang berbeda meskipun portnya sama dan bisa mengalirkan daya tetapi ini merupakan tahap awal baterai ponsel kamu rusak.

Dalam setiap smarphone ditanamkan Voltage dan Ampere yang tidak sama sehingga hal ini perlu kamu perhatikan sebagai langkah menjaga baterai tetap tahan lama. Selain itu kapasitas setiap baterai yang tertanam juga berbeda loh sehingga kamu wajib berhati-hati. Karena jika tegangan dan arus mulai memasuki ponsel dalam kondisi yang kurang pas akan membuat baterai aus dan berakhir dengan kerusakan baterai. Nah maka dari itu selalu gunakan port kabel yang sama atau semerk sehingga smartphone mempunyai baterai yang lebih tahan lama atau awet.

2. Selalu charging smartphone sebelum baterainya habis secara total

Usahakan selalu mencharging Vivo S20 SE ketika baterainya sudah 30%. Langkah ini penting kamu lakukan, karena jika kamu menjalankan aplikasi ketika baterai tinggal 20% akan menyebabkan lempengan yang terdapat pada baterai akan bekerja lebih ekstra dan terkuras. Sehingga sebagai perawatan yang tepat kamu perlu mulai mengisi baterai ketika sudah berada minimal 30%. Karena ini akan membuat Vivo S20 SE lebih aman dan awet.

3. Selalu membersihkan port lokasi pengisian daya baterai dari debu dan kotoran agar tidak menyumbat daya yang akan masuk

Ini merupakan sebuah langkah perawatan yang kebanyakan orang selalu melewatkannya. Padahal dengan kamu rajin membersihkan tempat colokan ini akan membuatnya bersih dari berbagai debu ataupun kotoran lainnya. Hal ini jika terjadi pada smartphone milikmu pengisian daya yang kamu lakukan tidak akan berhasil atau terhambat. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan jarum kecil atau alat kecil yang kuat untuk membuat debu yang bersarang pada smartphone bisa keluar.

4. Selalu menggunakan spec charging yang sesuai merk

Ini juga merupakan poin penting ketika merawat baterai sebuah smartphone. Karena jika kamu menggunakan spec charging yang sesuai dengan merknya. Jangan menggunakan sembarang merk da nasal dayanya masuk karena hal ini akan membuat baterai mulai mengalami kerusakan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menginginkan baterai Vivo S20 SE tetap tahan lama dan awet dari semenjak kamu beli hingga bertahun-tahun lamanya. Empat langkah di atas perlu dilakukan secara berbarengan agar hasilnya lebih optimal dan baterai lebih awet.

4 Tips Menjaga Baterai Vivo S20 SE Tahan Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *